Bedah Naskah (Food Part 1)

Namun yang harus diperhatikan adalah ketika menulis tak boleh disamakan dengan bahasa sehari-hari yang seringkali jauh dari kaidah tata bahasa yang benar.

Oleh. Dia Dwi Arista
(Tim Redaksi NarasiPost.Com)

NarasiPost.Com-Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillah, Senin pekan ini menjadi jadwal saya untuk hadir menemani para Kontapers semua dalam rubrik "Bedah Naskah". Siapa pun naskah yang kami bedah, mohon keridaannya. Tujuan kami bukan untuk menguliti tapi belajar dari kesalahan saja. Hehehe.

Kami hanya ingin berbagi, banyak naskah yang datang namun kesalahan berulang. Mungkin kami tidak selalu benar, tapi itulah yang membuat kami terus belajar, salah satunya dengan membedah naskah-naskah yang ada. Dan besar harapan kami, bedah naskah ini menjadi pengingat bagi kita semua agar selalu melakukan swasunting dan membuka KBBI ketika menulis.

Langsung saja ya, kita simak satu naskah di bawah.

Dark Chocolate Bikin Mood?

Cokelat bikin mood? Kok bisa ya. Tahu nggak sih, Allah Swt. menciptakan segala sesuatu memiliki khasiat tertentu termasuk cokelat ini. Cokelat adalah jenis makanan yang berasal dari biji tanaman kakao yang salah satu jenisnya adalah cokelat hitam (dark chocolate). Sebelum kita kupas manfaat cokelat yang bisa bikin mood, kita kulik dulu serba-serbi tentang cokelat, yuk!

Tanaman kakao (Theobroma cacao) bisa hidup di iklim tropis panas pada lintang 20 derajat dari katulistiwa. Tanaman kakao bisa berbuah dan dipanen sepanjang tahun karena tanaman ini tidak mengenal musim. Tanaman ini dibudidayakan di dalam hutan sehingga biji kakao disebut sebagai hasil hutan nonkayu. Gangguan yang menyerang tanaman kakao adalah sejenis serangga famili Miridae dan jamur dari genus Phytophora.

Dalam setiap buah kakao terdapat 30-50 biji. Sebelum biji kakao diproses menjadi cokelat, biji kakao ini dibungkus oleh kulit yang tebal sekitar tiga cm. Daging buah kakao disebut pulp yang mengandung gula dan membantu proses fermentasi biji kakao sekitar 5-8 hari. Biasanya biji kakao asli berwarna putih. Setelah mengalami fermentasi dan pengeringan oleh sinar matahari berubah menjadi keunguan atau merah kecokelatan.

Asal Tanaman Kakao

Tanaman ini asli benua Amerika di kaki pegunungan Andes di basin sungai Amazon dan Orinoco, Amerika Selatan. Kemudian meluas Amerika Tengah. Kakao ini merupakan komoditi penting dan menjadi minuman para raja dan bangsawan saat itu yang diberi vanila dan rempah-rempah. Kakao ini menyebar ke Eropa dan oleh Spanyol dibudidayakan ke wilayah jajahannya seperti Asia Tenggara dan Afrika Barat. Akhirnya berkembang pesatlah kakao di Indonesia sekitar abad 19 sampai 20.

Menurut Food Historian, Fadly Rahman, pada abad ke-15 cokelat terkenal di Spanyol dan wilayah koloninya. Cokelat menjadi hadiah istimewa di kerajaan saat tunangan Putri Maria Theresia dari Spanyol dengan Raja Louis XIV dari Prancis tahun 1643. Di Prancis, cokelat terkenal mengandung zat kimia afrodisiak yang digunakan untuk merangsang daya seksual. Nama zat ini diambil dari mitologi Yunani, dewi cinta Aphrodite. Tak heran, jika cokelat menjadi pilihan hadiah saat Valentine Day sebagai lambang cinta. Namun, sebagai seorang muslim kita tidak boleh mengikuti budaya merayakan Valentines Day apalagi dengan memberi cokelat sebagai hadiah.

Nutrisi dalam Dark Chocolate

Cokelat hitam sebelum ditambah apa pun mengandung banyak nutrisi. Ada sekitar 3-4,5 gram serat, 60-100 gram karbohidrat, 4,8-5 gram protein, 50-60 mg kalsium, 8 mg zat besi, 140-150 gram magnesium, 200 mg fosfor, 500-550mg kalium. Coklat hitam sering disebut bittersweet karena mengandung sedikit gula dan memiliki rasa pahit.

Manfaat Cokelat Bikin Mood

Melansir dari Australian Academy of Science, dalam cokelat terkandung sejumlah bahan senyawa kimia yang berpengaruh pada tubuh dan otak dengan cara menyenangkan dan positif. Salah satu senyawa itu adalah theobromine yang merupakan senyawa alkaloida utama dalam cokelat dan mengandung nitrogen sebagaimana ditemukan dalam teh dan kopi (mirip kafein). Tetapi, di dalam cokelat kandungannya lebih banyak. Senyawa ini membuat pembuluh darah melebar dan volume urin meningkat. Selain itu theobromine memberikan efek stimultan pada otak manusia.

Senyawa lain yang terdapat dalam cokelat adalah anandamide. Senyawa ini mempengaruhi fungsi otak mirip bahan psikoaktif utama dalam ganja, maka senyawa ini bisa memberikan dorongan suasana hati dan energi tanpa ketagihan dan kerusakan kardiovaskular yang datang dengan zat perangsang lainnya. Efek mirip ganja tidak akan berpengaruh besar karena cokelat yang dikonsumsi setidaknya 12,5 kg.

Sekain mengandung dua senyawa di atas, cokelat mengandung phenylethylamime yang berfungsi meningkatkan suasana hati juga. Senyawa ini akan dimetabolisme di dalam tubuh menjadi serotonin. Kandungan ini berfungsi mencegah depresi. Nah, kalau jika di tengah kesibukan kita dan ingin suasana hati tenang bisa jadikan cokelat sebagai salah satu cemilan.

Efek Samping Makan Cokelat Berlebihan

Meskipun makan cokelat bisa memberi rasa tenang dan bahagia, namun kita harus membatasi jumlahnya. Kadang-kadang kalau sudah keasyikan, makan cokelat susah rasanya untuk berhenti. Kemudian apa efek samping jika terlalu banyak makan cokelat?

Menurut Reed Caldwell, dokter gawat darurat dari New York Univesity Langone Medical Center, biji cokelat mengandung theobromine yang membuat rasa cokelat sedikit pahit. Jika jumlah theobromine berlebih akan menyebabkan detak jantung semakin cepat, hilang nafsu makan, berkeringat, gemetar, sering buang air kecil, dan sakit kepala parah/ migran.

Kejadian yang lain ketika kebanyakan makan cokelat adalah keracunan yang ditandai dengan perut mual dan muntah. Untuk manusia, theobromine dianggap beracun jika sudah mencapai dosis 1.000 mg per kilogram berat tubuh. Dan kandungan theobromine dalam setiap cokelat yang diolah berbeda-beda tergantung dari tambahan dan jenis cokelat yang digunakan. Meskipun cokelat tidak sampai memberikan efek beracun tetapi kadar gula dalam cokelat berlebihan bisa menyebabkan diabetes, obesitas, dan sakit gigi.

Tips Aman Mengonsumsi Cokelat

Cokelat memang ada manfaat dan efek sampingnya. Agar aman dan terhindar dari resiko dari efek samping makan cokelat, berikut beberapa tips aman mengonsumsi cokelat:

  1. Pilihlah cokelat hitam yang kadar kakaonya 70-85%.
  2. Hindari terlalu banyak mengonsumsi cokelat susu karena tambahan gula (sakarin) dan mengandung banyak lemak.
  3. Hindari menambahkan susu skim ke dalam minuman cokelat.
  4. Batasi konsumsi cokelat setidaknya hanya 20 gram tiap harinya.
  5. Perhatikan nilai gizi yang tertera pada kemasan cokelat batang atau bubuk cokelat sebelum mengonsumsinya.

Periksakan ke dokter jika mengalami gejala-gejala tertentu setelah mengonsumsi cokelat, misalnya pusing, mual, dan muntah. Hal ini bertujuan agar segera mendapat penanganan yang tepat dari dokter.

Demikianlah, Allah Swt. telah menciptakan apa-apa yang ada di bumi untuk dimanfaatkan. Allah Swt. kuasa menghidupkan bumi setelah tandusnya dan mengeluarkan biji-bijian untuk dimakan. Sebagaimana firman Allah surah Yasin [36]: 33 yang artinya:Dan suatu tanda (kebesaran Allah) bagi mereka adalah bumi yang mati (tandus). Kami hidupkan bumi itu dan Kami keluarkan darinya biji-bijian , maka (biji-bijian) itu mereka makan.

Allahu alam[]

~~~~

Bedah Naskah

Setelah menyimak naskah di atas, yuk coba kita bedah.

Plagiarisme

Setelah naskah sampai di meja editor, yang pertama kali kami periksa adalah plagiarismenya. Naskah di atas memiliki tingkat plagarisme yang rendah. Hanya sekitar 2 persen saja. Menurut ketentuan NarasiPost.Com, naskah yang diterima untuk Konapos dan umum adalah 15 persen plagiarisme. Sedangkan untuk Kontap adalah 5 persen, kalau bisa 0 persen meski ada dalilnya. Hehe

So, naskah ini layak untuk dilanjutkan.

Kesalahan KBBI, PUEBI, dan Typo

kulik 👉🏻 ulik

katulistiwa 👉🏻 khatulistiwa

cemilan 👉🏻 camilan

migren 👉🏻 migrain

resiko risiko

sekain 👉🏻 selain

sungai Amazon 👉🏻 Sungai Amazon

dewi cinta Aphrodite 👉🏻 Dewi Cinta Aphrodite

stimultan 👉🏻 stimulasi

mempengaruhi 👉🏻 memengaruhi

kesalahan KBBI dan Typo di atas lumayan besar, yang sebenarnya tidak masuk dalam kriteria NP dan perlu direvisi. mungkin akan lebih mudah jika kami langsung mengeditnya. Namun, NP bukan sekadar media saja, NP juga berkomitmen untuk mengedukasi para penulis ideologis, agar karya-karyanya berkualitas dan minim kesalahan. Itulah mengapa Tim Redaksi NP bersusah-susah screening plagiarisme, lalu meneliti kesalahan-kesalahan yang ada, kemudian harus dikembalikan untuk direvisi. Semua dengan tujuan agar penulis aware dengan kesalahannya dan berharap akan menjadi lebih baik lagi ke depannya.

Kalimat Rancu dan Tidak Efektif

Judul. Mood artinya adalah "suasana hati", maka judul di atas berarti "Dark Chocolate Bikin Suasana Hati?" tentu pembaca akan bertanya, suasana hati yang seperti apa? alangkah baiknya jika setelah kata mood ditambah dengan kata booster

Mungkin penulis terpengaruh dengan bahasa sehari-hari, sebab sebagian besar rakyat Indonesia (yang saya tahu ya) sering mengatakan, Aku enggak mood nih, benar kagak? Hehe. Namun yang harus diperhatikan adalah ketika menulis tak boleh disamakan dengan bahasa sehari-hari yang seringkali jauh dari kaidah tata bahasa yang benar.

Kemudian meluas Amerika Tengah 👉 Kemudian meluas ke Amerika Tengah

(contoh kalimat rancu, padahal hanya berkurang partikel “ke” namun menjadikan kalimat tersebut susah dipahami maksudnya)

Cokelat menjadi hadiah istimewa di kerajaan saat tunangan Putri Maria Theresia dari Spanyol dengan Raja Louis XIV dari Prancis tahun 1643. 👉 Cokelat menjadi hadiah istimewa di kerajaan saat pertunangan Putri Maria Theresia dari Spanyol dengan Raja Louis XIV dari Prancis pada tahun 1643.

(kata tunangan menunjukkan pada pelaku sedangkan dalam kalimat di atas, akan mudah dipahami jika menggunakan istilah pertunangan. Dan seperti analisis saya di nomor 1, kata tunangan sering digunakan masyarakat untuk menggantikan kata pertunangan, namun fatalnya artinya jauh berbeda, hingga menjadikan kalimat di atas rancu dan tidak mudah dipahami)

  1. Efek mirip ganja tidak akan berpengaruh besar karena cokelat yang dikonsumsi setidaknya 12,5 kg. 👉 Efek mirip ganja tidak akan berpengaruh besar pada tubuh, karena cokelat yang dibutuhkan setidaknya 12,5 kg untuk mempunyai efek ganja.

Nah, kalau jika di tengah kesibukan kita dan ingin suasana hati tenang bisa jadikan cokelat sebagai salah satu cemilan. 👉 Nah, jika kita berada di tengah kesibukan dan ingin suasana hati tenang, cokelat bisa dijadikan sebagai camilan.

Agar aman dan terhindar dari resiko dari efek samping makan cokelat, berikut beberapa tips aman mengonsumsi cokelat 👉 Agar aman dan terhindar dari risiko efek samping makan cokelat, berikut beberapa tips aman mengonsumsi cokelat:

Ahamdulillah, insyaallah hanya itu yang bisa saya sampaikan pada bedah naskah kali ini, jika ada kekurangan mohon maafkan.

afwu minkum, wassalamu alaikum warahmatullah.[]


Photo : Pinterest & Pribadi

Disclaimer

Www.NarasiPost.Com adalah media independent tanpa teraliansi dari siapapun dan sebagai wadah bagi para penulis untuk berkumpul dan berbagi karya.  NarasiPost.Com melakukan seleksi dan berhak menayangkan berbagai kiriman Anda. Tulisan yang dikirim tidak boleh sesuatu yang hoaks, berita kebohongan, hujatan, ujaran kebencian, pornografi dan pornoaksi, SARA, dan menghina kepercayaan/agama/etnisitas pihak lain. Pertanggungjawaban semua konten yang dikirim sepenuhnya ada pada pengirim tulisan/penulis, bukan Www.NarasiPost.Com. Silakan mengirimkan tulisan anda ke email narasipostmedia@gmail.com

Tim Redaksi NarasiPost.Com
Dia Dwi Arista Tim Redaksi NarasiPost.Com
Previous
Terusik Otak-atik Suara Azan
Next
Generasi Islam Bukanlah Generasi Stroberi
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Newest
Oldest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
bubblemenu-circle
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram